Senin, 04 Maret 2019

Waspada Penipuan Rekrutmen

Penipuan rekrutmen yang mengatasnamakan GarudaFood terjadi lagi. Dalam penipuan ini beberapa pencari kerja mendapat email atau dihubungi oleh oknum yang mengaku bekerjasama dengan GarudaFood, menawari mereka pekerjaan dan mengundang mereka untuk mengikuti rekrutmen. Tujuan penipuan biasanya adalah untuk meminta bayaran untuk berbagai pengeluaran dan biaya administrasi. Korespondensi semacam ini adalah penipuan dan BUKAN berasal dari Garudafood atau mitra rekrutmen Garudafood.

Ini adalah penipuan canggih yang sudah berlangsung lama yang digunakan oleh kelompok kriminal. Penipuan ini telah memengaruhi para pencari kerja yang sedang mencari pekerjaan dari banyak perusahaan terkemuka.

GarudaFood tidak pernah meminta bayaran kepada pencari kerja pada tahap mana pun dalam proses rekrutmen, termasuk tidak pernah menunjuk biro perjalanan, perwakilan ataupun individu tertentu untuk melakukan pemesanan atau menerima pembayaran dalam bentuk apa pun atas nama GarudaFood, baik untuk transportasi darat, laut, maupun udara selama proses rekrutmen.

Agar tidak menjadi korban penipuan rekrutmen :
 

  1. Jangan menanggapi tawaran yang tidak diminta dari orang-orang yang tidak Anda kenal
  2. Jangan mengungkapkan informasi pribadi atau keuangan kepada siapa pun yang tidak Anda kenal
  3. Periksa apakah ada kesalahan tata bahasa atau ejaan dalam dokumen karena sering kali ini merupakan tanda peringatan adanya penipuan
  4. Waspadai pemberi kerja atau agen yang menggunakan alamat email webmail seperti @Yahoo @Hotmail @Gmail atau Live.com
  5. Arahkan mouse ke atas alamat email untuk memeriksa data pengirim
  6. Jika Anda dimintai bayaran apa pun dari seorang perekrut, hubungi kepolisian setempat karena ini kemungkinan besar merupakan penipuan.
  7. Keseluruhan proses rekrutmen GarudaFood dilakukan hanya melalui website resmi www.garudafood.co.id

Pengumuman proses seleksi dikomunikasikan melalui alamat email resmi menggunakan domain “@garudafood.co.id”