Jumat, 14 April 2023

Gelar RUPST, Garudafood Cetak Pertumbuhan Penjualan 2022 Sebesar 19,4%

Jakarta, 14 April 2023 - PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (“Garudafood”) dengan kode saham “GOOD” hari ini mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) bertempat di Hotel Arosa dan pada siang harinya dilanjutkan dengan agenda Paparan Publik yang dilakukan secara daring di kantor pusat Garudafood, Jakarta Selatan (14/4). Pelaksanaan RUPST ini dipimpin oleh Hartono Atmadja selaku Komisaris, Dorodjatun Kuntjoro-Jakti selaku Komisaris Independen, Hardianto Atmadja selaku Direktur Utama, Paulus Tedjosutikno dan Robert Chandrakelana Adjie selaku Direktur.

Perseroan mengumumkan kinerja positif sepanjang 2022 yang berhasil membukukan pendapatan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp425,2 miliar. Pertumbuhan laba bersih tersebut ditopang oleh peningkatan penjualan bersih sebesar 19,4% atau tumbuh dari Rp8,8 triliun di tahun 2021 menjadi Rp10,5 triliun di tahun 2022.

Dari laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk tersebut sebesar Rp219,2 miliar atau 51,5% ditetapkan penggunaannya sebagai dividen tunai tahun buku 2022 yakni Rp6 per lembar saham. Dividen tunai akan dibagikan pada tanggal 16 Mei 2023 kepada seluruh pemegang saham yang terdaftar di Daftar Pemegang Saham pada tanggal 4 Mei 2023.

Pembagian dividen ini tentunya telah mempertimbangkan proyeksi pertumbuhan bisnis Perseroan serta antisipasi risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang. Selain itu, laba per lembar saham Perseroan juga tumbuh sebesar 0,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya menjadi Rp11,64 per lembar. Selain membagikan dividen, RUPST GOOD juga sepakat mengangkat direktur baru, Swadheen Sharma, menggantikan Rudi Eko Hartono.

Perseroan juga memperhatikan penerapan Tata Kelola yang baik berupa kelengkapan komposisi anggota Dewan Komisaris dan Direksi untuk meningkatkan fungsi pengawasan serta untuk mencapai kinerja Perseroan yang lebih baik.  Susunan anggota Dewan Komisaris Perseroan terhitung sejak terpenuhinya semua syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk masa jabatan 5 (lima) tahun sejak tanggal pengangkatan di RUPST Tahun Buku 2022 adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:

  1. Komisaris Utama: Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto
  2. Komisaris: Hartono Atmadja
  3. Komisaris Independen: Dorodjatun Kuntjoro-Jakti
  4. Komisaris: Pangayoman Adi Soenjoto
  5. Komisaris: Soeharto Sunjoto
  6. Komisaris: Donald Reginald Gadsden
  7. Komisaris: Swen Neufeldt
  8. Komisaris Independen: Fitra Dewata Teramihardja
  9. Komisaris Independen: Andi Chandra

 

Direksi:

  1. Direktur Utama: Hardianto Atmadja
  2. Direktur: Fransiskus Johny Soegiarto
  3. Direktur: Paulus Tedjosutikno
  4. Direktur: Robert Chandrakelana Adjie
  5. Direktur: Johannes Setiadharma
  6. Direktur: Swadheen Sharma

Sebagai informasi tambahan, menjelang akhir tahun 2022 Perseroan mendapat investor strategis baru yaitu Hormel Foods International Corporation (HFIC), yang seluruhnya merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh Hormel Foods Corporation, perusahaan makanan bermerek global yang masuk dalam kelompok Fortune 500 dan terdaftar di Bursa Efek New York.